10 Tips Sukses Membuat Surat Lamaran Kerja

10 tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar
Ketika kita menginginkan untuk mendapatkan susatu pekerjaan, maka yang dilakukan adalah menulis Surat Lamaran Kerja. Dalam menulis Surat lamaran Kerja ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Setidaknya ada 3 hal penting yang harus dicermati dalam menulis Surat Lamaran Kerja, Kesantunan Bahasa, Sistematika, dan Media Penulisan. Selebihnya saya akan memberikan Tips membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar.

Mungkin kiat-kiat dibawah ini akan sangat  membantu dalam membuat Surat lamaran Kerja Yang Baik dan Benar. Dirangkum dari berbagai sumber yang dapat menjadi pertimbangan sewaktu menulis surat lamaran kerja  :
  1. Jangan menyamaratakan surat lamaran. Mengirim surat lamaran seperti halnya mengirim undangan pernikahan dimana hanya mengganti nama dan alamat mungkin kurang tepat. Berikan sedikit sentuhan tentang perusahaan tersebut misal lokasi kerjanya , jenis produksi, kinerjanya dan lain sebagainya. Lakukan penelitian lewat internet atau informasi internal perusahaan misal dari alumni atau teman.
  2. Batasi jumlah halaman yang dikirim.Untuk cover letter, cukup satu halaman. Lalu CV mungkin 2 – 3 halaman dan lampiran lain 2 -3 halaman. Memang tidak ada kata baku berapa total jumlah halamannya . Hanya pihak HRD akan kerepoton kalau kita mengirim lamaran setebal 20 halaman . Ini juga berlaku kalau kita mengirim lamaran melalui email.
  3. Jadikan satu susunan. Jangan terpisah-pisah. kalau dikirim lewat lampiran email, sebaiknya disatukan kedalam satu file pdf. Namakan filenya misal TSugengTeknikListrik.pdf.
  4. Alamat email sebaiknya formal dan sesuai dengan nama pelamar. Untuk keperluan lamaran mungkin  DianSW@gmail.com akan lebih baik daripada misal Dian_Imoetbeud@gmail.com
  5. Kalau mencantumkan nomer telpon rumah, beritahu kepada penghuni rumah agar segera memberitahu kalau ada telpon dari perusahaan yang dilamar. Kadang2 wawancara dilakukan dalam tempo mendadak / 24 jam.
  6. Foto resmi. Nah kalau memang mau dimasukkan, sebaiknya juga yang agak resmi meskipun tidak perlu pakai dasi tapi  jangan ketukang pasfoto pas rambutnya acak2an.
  7. Masukkan informasi yang relevan dengan lowongan yang ditawarkan. Tidak perlu seluruh kursus, kegiatan ataupun riwayat hidup sejak lahir dicantumkan.
  8. Jelaskan peran dan tanggung jawab yang diemban diperusahaan sekarang. Kalau sekarang anda adalah seorang penyelia yang bertanggung terhadap keselamatan pekerja tambang, jelaskan apa peran anda sebagai seorang penyelia. Seringkali yang keliru kita tulis adalah fungsi kerjanya seorang penyelia pekeja tambang yang diambil dari buku panduannya. Kalau ada contoh konkrit pengalaman kerja akan lebih baik lagi tentunya. Untuk fresh graduate mungkin bisa dicantumkan pengalaman kerja misal di organisasi, asisten pegajar, guru bahasa Inggris dlsb.
  9. Khusus yang baru lulus, ada baiknya dipertimbangkan agar mata2 kuliah beserta IP nya yang relevan dengan lowongan kerja dimaksud ditulis/ dicantumkan di halaman pertama CV kita. Jadi meskipun IPK mungkin relatif kecil, kalau ada mata kuliah yang relevan bernilai baik, mungkin akan jadi bahan pertimbangan pihak perusahaan. Tentu transkrip tetap di lampirkan dihalaman belakang.
  10. Singkat, padat dan informatif. Pihak perusahaan biasanya tidak mempunyai banyak waktu membaca lamaran yang berlembar-lembar.

Semoga sukses dan lekas mendapatkan pekerjaan sesuai yang kamu impikan.

Artikel Terkait Surat Lamaran Kerja