10 Kesalahan Ketika Menulis Surat Lamaran Kerja

10 Kesalahan dalam membuat Surat Lamaran Kerja
Membuat Surat Lamaran Kerja tidaklah sama dengan membuat undangan pernikahan yang hanya diedit sana sini seperlunya. Setidaknya seperti itu yang sering saya baca. Kalau kemarin disini telah dijelaskan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, maka kali ini adalah hal hal yang harus dihindari dalam membuat Surat Lamaran Kerja. Karena bisa jadi kalau hal berikut diabaikan akan berakibat fatal dalam Menulis Surat Lamaran Kerja.

Ada beberapa kesalahan yang seharusnya dihindari ketika membuat Surat Lamaran Kerja. Berikut diantaranya:
  1. Ditulis Tangan
    Sekarang sudah jamannya digital, dimana menulis surat lamaran kerja akan lebih mudah dan rapi jika ditulis menggunakan komputer. Jadi tidak perlu repot repot lagi menulis surat lamaran kerja secara manual. Kecuali kalau memang mensyaratkan untuk menulis surat lamaran kerja memakai tangan.
  2. Tampilan acak-acakan.
    Walau menggunakan komputer sekalipun, setidaknya harus diatur agar tampilannya menarik dan rapi. Perhatikan penggunaan huruf besar, kecil, miring dan sebagainya.
  3. Terlalu banyak lampiran
    Hanya lampirkan hal hal yang sekiranya diperlukan saja. Terlalu banyak lampirannjustru berdampak tidak baik.
  4.  Banyak Salah Tulis.
    Kesalahan tulis dalam surat lamaran mengindikasikan beberapa hal: Tidak serius. Bagaimana orang akan menilai serius, jika untuk membetulkan beberapa kesalahan dalam surat lamaran kalian saja tidak mau. Indikasi lainnya menunjukkan kalau kalian orang yang ceroboh. Selalu perhatikan dan kalau perlu baca berulang Surat Lamaran Kerja kalian.
  5. Memakai Tip-ex dalam memperbaiki kesalahan tulis.
    Dalam memperbaiki kesalan tulis diatas, jangan menggunakan tip-ex. Jika menulis menggunakan komputer sebaiknya di edit lagi dan di print ulang kembali. Bagi yang menulis manual, sebaiknya menulis lagi dari awal.
  6. Membuat CV / Resume dari template.
    Jangan pernah sekali-kali menggunakan CV yang kalian beli di toko buku. Buat sendiri dengan menggunakan komputer agar tampilannya bisa kalian atur sebaik mungkin.
  7. Menceritakan “Pengalaman Buruk” di tempat kerja yang Lama.
    Mungkin kalian sudah punya pengalaman kerja di tempat lain – dan itu bagus dan bisa jadi nilai jual yang baik bagi kalian. Tetapi yang harus diingat adalah bahwa kalian tidak perlu menjelaskan kekurangan (atau penyebab kalian mundur dari perusahan lama) apalagi sampai menjelek-jelekkan.
  8. Mengirimkan Beberapa Surat Sekaligus.
    Ya, sekali lagi surat lamaran kerja bukan undangan nikah. Seharusnya surat lamaran kerja untuk satu perusahaan harusnya berbeda dengan perusahaan lainnya. Jadi jangan pernah kalian membuat satu surat lamaran kerja tunggal dan hanya mengganti alamat tujuannya.
  9. Menggunakan Alamat Email dan Bahasa Gaul.
    Selalu guanakan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam membuat Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk alamat email seprti saya bilang, gunaakan alamat email yang tidak neko-neko.
  10. Tidak Mencantumkan Posisi yang dilamar dengan Jelas.
    Ketika kalian melamar pekerjaan sebaiknya mencantumkan posisi pekerjaan yang jelas. Oleh karena itu pastikan sebelumnya posisi apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Biasanya sudah ditetapkan kode pekerjaan untuk posisi masing masing.

Itu tadi kesalahan yang sering terjadi ketika Menulis Surat Lamaran Kerja. Selalu hindari hal hal diatas agar tujuan diterima kerja dapat terwujud. Kalau butuh referensi Contoh Surat Lamaran Kerja bisa lihat di arsip blog ini. Semoga Sukses.

Artikel Terkait Surat Lamaran Kerja